Anaïs Nin said....

"The role of a writer is not to say what we all can say, but what we are unable to say"

Kamis, 02 September 2010

malam pertama di obgyn


hari senin kemarin adalah malam pertama saya di bagian kandungan dan kebidanan (obgyn). jangan salah kaprah. saya tidak lagi hamil dan menunggu untuk persalinan, tidak pula malam pertama setelah ijab kabul pernikahan. ini adalah malam pertama jaga malam di bagian obgyn sebagai dokter muda. menunggu ibu-ibu hamil melahirkan, atau merawat pasien yang selesai persalinan, atau ibu-ibu yang selesai operasi sectio secaria, dan juga ibu-ibu pengidap kanker junak dan ganas di organ genitalianya.


jaga malam diobgyn berbeda dengan jaga-jaga di bagian lainnya. disini kami jaga untuk 3 hari, bergantian dengan 1 kelompok lainnya. sebenarnya dulu, jaman masih belum masuk rombongan koas-koass adek kelas saya, jaga diobgyn itu 5 minggu nginap di rumah sakit.
tapi berhubung sekarang koass makin banyak maka 1 minggu dibagi untuk 2 kelompok selama 1 bulan, jadinya saya akan nginap disini selama 14 hari..

untuk sebuah kamar koass, kamar koass obgyn tuh lumayan bagus dan nyaman. Kasurnya springbed empuk, 2 biji ukuran 120 cm, yang masing-masing terdiri dari 2 kasur., dengan A.C super dingin. kamarnya juga bersih, walau habis dibersihin sama teman-teman saya. tetapi setidaknya saya tidak menemukan tikus atau kadal seperti di salah satu kamar koass dibagian lain, seperti yang dulu pernah ceritakan dalam posting ini

Dulu ada cerita lucu, waktu masih nginap 5 minggu di rumah sakit, dan karena ga pernah nonton TV, sampai kakak kelas saya yang heran melihat manohara di TV, dan bertanya ini siapa sih? waktu itu lagi heboh-heboh manohara yang ditahan oleh pangeran negeri seberang. :P walau kurang lengkap dengan TV, tapi saya cukup puas dengan internet dari wifi bagian yang bisa dipakai 24 jam.


hari ini saya pulang ke kosan setelah 3 hari menginap di kamar koass super dingin, yang akhirnya pulang-pulang saya terserang flu, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala.

sebenarnya jaga diobgyn itu tidak secapek dibagian mayor yang lain, *tapi masih capek juga sih. karena sistem 3 hari jaga, 3 hari pulang, yang jaga cuma 10 orang, untuk 4 tempat masing-masing dijaga oleh 2 koass. saya paling senang jaga di O.K tengah malam,karena bisa dipakai tidur kalo operasi tidak ada. sisanya di VK,IRD,bangsal. V.K itu seru ngeliatin proses persalinan sambil berharap dapat jatah stenon (menolong persalinan) sebagai salah satu syarat bisa ikut ujian, di IRD saya cukup bisa jadi koass "pengusir pasien" sehingga jaga di IRD tidak berat. kalau jaga bangsal menurut saya lumayan capek kalo ada pasien gawat.

sekian dulu posting saya, sepertinya saya akan jarang posting dan online di facebook untuk beberapa bulan ke depan..
i will miss u all..

2 komentar:

  1. uda mulai sibuk lagi ya? menjalani tugas ya

    BalasHapus
  2. @exort: iya nihh..
    mulai sibuk..bawaan nyampe kosan pengen tidur aja..hehehe :P

    BalasHapus