Anaïs Nin said....

"The role of a writer is not to say what we all can say, but what we are unable to say"

Jumat, 22 Oktober 2010

dia telah pergi, sebelum saya sempat membalas budi baiknya T_T

hari ini keluarga saya lagi berkabung, kami baru saja kehilangan sosok figur yang paling baik dan dermawan di keluarga.

dia adalah adik nenek saya..
namanya atuk thamrin.. mungkin usianya 70 tahun..

baru 1 hari yang lalu nenek saya menelpon dan bilang, kalau atuk tam dibawa ke rumah saudara kami yang seorang dokter, dr.mursal. memang atuk tam menderita kencing manis sudah lama. keadaannya hari itu bengkak di muka dan kaki. pada saat itu saya sudah berfirasat kalau kondisinya sudah sangat sangar jelek hingga dapat menyebabkan kematian dalam waktu tidak lama lagi, tapi saya tidak berani bilang ke nenek saya, saya hanya bilang kondisinya jelek dan sudah mengenai ginjal, dan hanya bisa diobati dengan cuci darah rutin. saya menjaga perasaan nenek saya, bagaimanapun atuk tam adalah adiknya, saya takut nenek khawatir dan ikut-ikutan sakit. telpon hari itu ditutup dengan memberi resep untuk enyang (ibu nenek saya)  yang susah BAB.

siang ini saya mendapat SMS dari tante, kalau atuk tam meninggal. untuk orang yang jarang nagis seperti saya, akhirnya saya menangis juga mengenang beliau.

bagi saya dia kakek favorite saya selain kakek kandung saya.

ingatan saya kembali ke masa-masa masih kanak-kanak di masa setiap lebaran, saya dan sepupu saya tidak pernah rela melewatkan kedatangan almarhum ke rumah nenek saya. yah betul sekali, THR yg kami tunggu. atuk tam adalah atuk yang selalu memberi kami THR yang pada zaman SD  cukup banyak, masing-masing 50 ribu, untuk saya dan sepupu saya.
rutinitas itu berlanjut terus hingga saya kuliah saat ini, dengan jumlah yang jauh lebih besar tentunya.

ingatanpun kembali ke jaman saya masih kuliah preklinik di kampus sekitar 3 tahun lalu. saya ingin sekali punya laptop karena komputer saya rusak, waktu itu saya lagi mudik lebaran ke pekanbaru, saya berencana meminta ayah untuk membelikan laptop second. waktu itu atuk tam hendak berangkat keluar kota dan akan berlebaran disana, dia memberi saya uang 1 juta untuk membeli baju lebaran, saya hanya bilang, "engga tuk,uangnya mau dikumpulin aja biar bisa beli laptop", beliau mengatakan "ga usah risau, beli aja bajunya, nanti laptopnya atuk yang nambahin". dia juga yang mengusulkan supaya beli laptop baru bukan second.
akhirnya waktu itu saya punya laptop toshiba baru seharga 8 juta. atuk tam nambahin 2,5 juta untuk laptop saya, sisanya saya dapat dari THR mama,nenek,om,dan tante saya.

saking terharunya pada saat itu saya berjanji kalau saya sudah kerja dan jadi dokter nanti dan atuk sudah tua, saya mau memberinya THR juga,  dan memberi cucu-cucunya THR setiap lebaran. namun usianya tidak sampai untuk melihat saya jadi dokter. dia memang adik nenek saya, tapi dia sudah saya anggap seperti pengganti kakek saya yang meninggal waktu saya baru tamat SMP.

mungkin yang bisa saya kenang budi baiknya kepada saya. saya benar-benar kehilangan. apalagi saya sudah 1 tahun tidak bertemu. benar-benar menyesal tidak bisa pulang ketika lebaran kemaren, ternyata lebaran tahun ini adalah lebaran terakhir almarhum di dunia.

semoga amal ibadah atuk thamrin thalib di terima disisi Allah,SWT.
saya yakin kubur beliau akan sangat lapang karena almarhum sangat dermawan.

saya berharap enyang bisa tabah, karena atuk tam adalah anak kesayangannya, saya takut kondisi kesehatan memburuk. enyang saya berusia hampir 98 tahun. saya ingin sekali  enyang  masih sempat  melihat saya jadi dokter, bahkan hingga saya punya anak.. *anak cicitnya..

besok saya masih harus ujian di bagian kebidanan. tapi hari ini saya ga belajar sama sekali, malah curhat kesini.. doakan ujian saya sukses ya !


2 komentar:

  1. semoga atuk tenang di sisi-Nya, diterima segala amal ibadahnya ^_^

    sukses juga ujian nya y tya..ujian sama siapa??

    BalasHapus
  2. makasih tika kirei..

    sama dr. AF

    BalasHapus